Pernikahan di masa jahiliyah


عَنْ عُرْوَةَ اَنَّ عَائِشَةَ اَخْبَرَتْهُ: اَنَّ النِّكَاحَ فِى اْلجَاهِلِيَّةِ كَانَ عَلَى اَرْبَعَةِ اَنْحَاءٍ. فَنِكَاحٌ مِنْهَا نِكَاحُ النَّاسِ اْليَوْمَ. يَخْطُبُ الرَّجُلُ اِلَى الرَّجُلِ وَلِيَّتَهُ اَوِ ابْنَتَهُ فَيُصْدِقُهَا، ثُمَّ يَنْكِحُهَا.


Dari Urwah : Sesungguhnya ‘Aisyah RA pernah memberitahukan kepadanyabahwa pernikahan di jaman jahiliyah itu ada 4 macam. 1.Pernikahan seperti yang berlaku sekarang iniyaitu seorang laki-laki meminang wanita atau anak perempuan kepada walinyalalu membayar maharkemudian menikahinya.


وَ نِكَاحٌ آخَرُ كَانَ الرَّجُلُ يَقُوْلُ ِلامْرَأَتِهِ: اِذَا ظَهَرَتْ مِنْ طَمْثِهَا اَرْسَلَ اِلىَ فُلاَنٍ فَاسْتَبْضِعِى مِنْهُ وَ يَعْتَزِلُهَا زَوْجُهَا وَ لاَ يَمَسُّهَا حَتَّى يَتَبَيَّنَ حَمْلُهَا مِنْ ذلِكَ الرَّجُلِ الَّذِى تَسْتَبْضِعُ مِنْهُ، فَاِذَا تَبَيَّنَ حَمْلُهَا اَصَابَهَا زَوْجُهَا اِذَا اَحَبَّ. وَ اِنَّمَا يَفْعَلُ ذلِكَ رَغْبَةً فِى نَجَابَةِ اْلوَلَدِ. فَكَانَ هذَا النِّكَاحُ يُسَمَّى نِكَاحَ اْلاِسْتِبْضَاعِ.


Bentuk pernikahan yang lain yaitu, 2. seorang laki-laki berkata kepada istrinyaketika istrinya itu telah suci dari haidl, “Pergilah kepada si Fulankemudian mintalah untuk dikumpulinya”, dan suaminya sendiri menjauhinyatidak menyentuhnya sehingga jelas istrinya itu telah mengandung dari hasil hubungannya dengan laki-laki ituKemudian apabila telah jelas kehamilannyalalu suaminya itumelanjutkan mengumpulinya apabila dia sukaDan hal itu diperbuat karena keinginan untuk mendapatkan anak yang cerdas (bibitunggul). Nikah semacam ini disebut nikah istibdla’.


وَ نِكَاحٌ آخَرُ يَجْتَمِعُ الرَّهْطُ دُوْنَ اْلعَشْرَةِ فَيَدْخُلُوْنَ عَلَى اْلمَرْأَةِ كُلُّهُمْ. فَيُصِيْبُوْنَهَا. فَاِذَا حَمَلَتْ وَ وَضَعَتْ وَ مَرَّ لَيَالٍ بَعْدَ اَنْ تَضَعَ حَمْلَهَا اَرْسَلَتْ اِلَيْهِمْ، فَلَمْ يَسْتَطِعْ رَجُلٌ مِنْهُمْ اَنْ يَمْتَنِعَ حَتَّى يَجْتَمِعُوْا عِنْدهَا، فَتَقُوْلُ لَهُمْ. قَدْ عَرَفْتُمُ الَّذِى كَانَ مِنْ اَمْرِكُمْ، وَ قَدْ وَلَدْتُ فَهُوَ ابْنُكَ يَا فُلاَنُ، فَتُسَمِّى مَنْ اَحَبَّتْ بِاسْمِهِ. فَيُلْحَقُ بِهِ وَلَدُهَا لاَ يَسْتَطِيْعُ اَنْ يَمْتَنِعَ مِنْهُ الرَّجُلُ.


Kemudian bentuk yang lain, 3. Yaitu sejumlah laki-lakikurang dari10 orang berkumpullalu mereka semua mencampuri seorang wanita. Apabila wanita tersebut telah hamil dan melahirkan anaknya,selang beberapa hari maka perempuan itu memanggil mereka dantidak ada seorang pun diantara mereka yang dapat menolak panggilan tersebut sehingga merekapun berkumpul di rumah perempuan ituKemudian wanita itu berkata kepada mereka, “Sungguh anda semua telah mengetahui urusan kalian, sedang aku sekarang telah melahirkandan anak ini adalah anakmu hai fulan”. Dan wanita itu menyebut nama laki-laki yang disukainyasehingga dihubungkanlah anak itu sebagai anaknyadan laki-laki itupun tidakboleh menolaknya.


وَ نِكَاحٌ رَابِعٌ يَجْتَمِعُ النَّاسُ اْلكَثِيْرُ وَ يَدْخُلُوْنَ عَلَى اْلمَرْأَةِ لاَ تَمْتَنِعُ مِمَّنْ جَاءَهَا وَ هُنَّ اْلبَغَايَا. يَنْصُبْنَ عَلَى اَبْوَابِهِنَّ الرَّايَاتِ وَ تَكُوْنُ عَلَمًا. فَمَنْ اَرَادَهُنَّ دَخَل عَلَيْهِنَّ، فَاِذَا حَمَلَتْ اِحْدَاهُنَّ وَ وَضَعَتْ جَمَعُوْا لَهَا وَ دَعَوْ لَهَا اَلْقَافَةَ، ثُمَّ اْلحَقُوْا وَلَدَهَا بِالَّذِى يَرَوْنَ. فَالْتَاطَ بِهِ وَ دُعِيَ ابْنَهُ لاَ يَمْتَنِعُ مِنْ ذلِكَ. فَلَمَّا بَعَثَ اللهُ مُحَمَّدًا ص بِاْلحَقِّ هَدَمَ نِكَاحَ اْلجَاهِلِيَّةِ كُلَّهُ اِلاَّ نِكَاحَ النَّاسِ اْليَوْمَ. البخارى و ابو داود. فى نيل الاوطار 6:178-179


Bentuk ke-4 yaituberhimpun laki-laki yang banyaklalu mereka mencampuri seorang wanita yang memang tidak akan menolaksetiap laki-laki yang mendatanginyasebab mereka itu adalahpelacur-pelacur yang memasang bendera-bendera di muka pintu mereka sebagai tandasiapa saja yang menginginkannya boleh masukKemudian jika salah seorang diantara wanita itu ada yang hamil dan melahirkan anaknyamaka para laki-laki tadi berkumpul disitu, dan mereka pun memanggil orang-orang ahli firasatlalu dihubungkanlah anak itu kepada ayahnya oleh orang-orang ahli firasat itu menurut anggapan merekaMaka anak itu pun diakuinya,dan dipanggil sebagai anaknyadimana orang (yang dianggapsebagai ayahnyaitu tidak boleh menolaknyaKemudian setelahAllah mengutus nabi Muhammad SAW sebagai Rasul dengan jalanhaqbeliau menghapus pernikahan model jahiliyah tersebutkeseluruhannyakecuali pernikahan sebagaimana yang berjalansekarang ini. [HR. Bukhari dan Abu Dawuddalam Nailul Authar juz6, hal. 178-179]


No comments:

Post a Comment