Makanan yang Mengandung Sumber Kalsium Tinggi

susu sumber kalsium
Susu dan produk olahannya seperti keju dan yoghurt merupakan sumber kalsium yang bagus.
Makanan yang Mengandung Sumber Kalsium Tinggi – Kalsium yaitu suatu zat yang sangat penting bagi pembentukan tulang manusia. Kalsium juga berfungsi sebagai penghubung antar syaraf di dalam tubuh manusia. Perlu kita ketahui bahwa kalsium mempunyai banyak fungsi bagi tubuh kita, antara lain:
– Membantu proses pengaktifan sel-sel syaraf baru dalam tubuh manusia.
– Membantu melancarkan peredaran darah.
– Mengurangi resiko osteoporosis.
– Mengurangi resiko pendarahan pada akar gigi
– Membantu pembentukan tulang gigi
– Mengurangi kram dan nyeri pada tubuh
– Membantu proses pengaktifan pancreas pada penderita diabetes
– Mencegah resiko kanker usus
– Menyeimbangkan cairan dalam tubuh
– Untuk penjelasan lebih lanjut, silahkan baca artikel mengenai fungsi kalsium.
Sering kita jumpai beberapa penyakit berbahaya yang sebenarnya dimulai dari hal sepele. Kekurangan kalsium salah satunya. Kekurangan kalsium membuat kita mudah terserang penyakit berbahaya seperti: Tekanan darah tinggi, kanker usus besar, kanker payudara, dan obesitas. Tentu penyakit tersebut sangat berbahaya bukan? Bermacam penyakit berbahaya tersebut bahkan menimbulkan resiko kematian.
Pada pertambahan umur manusia akan mengalami suatu peristiwa yang kita sebut pengurangan kalsium dalam tubuh. Banyak dari kita yang mengalami osteoporosis pada usia muda. Hal ini disebabkan karena kurangnya asupan kalsium dalam tubuh kita. Tentu hal ini meresahkan kita. Dalam usia muda kita sudah merasakan nyeri pada tulang kita. Tetapi semua itu bisa kita cegah dengan cara melengkapi asupan kalsium harian.
Berapa kebutuhan kalsium harian yang dibutuhkan manusia?
Pada usia kanak-kanak kita memerlukan asupan kalsium sebanyak 500-800mg kalsium setiap hari. Pada masa ini asupan kalsium perlu diperhatikan. Karena pada masa inilah terjadi pembentukan tulang yang masih lunak dan rawan. Sedangkan pada usia remaja kita memerlukan asupan kalsium sebanyak 1000mg setiap harinya. Dan pada usia lansia kita diharuskan mendapatkan asupan kalsium sebanyak 1300mg setiap harinya.
Mengapa pada usia lanjut kita diharuskan mengkonsumsi kalsium lebih tinggi?
Pada setiap penambahan usia maka kita akan mengalami penurunan proses pencernaan kalsium. Oleh sebab itu kaum lansia diharuskan memenuhi asupan kalsiumnya lebih banyak. Jika tidak begitu maka akan memudahkan penyakit osteoporosis menyerang tubuh para lansia. Namun pada kenyataan kita tak pernah memperhatikan hal itu.

Akibat Kekurangan Kalsium

Bagaimana jika kita kekurangan kalsium? Kekurangan kalsium menyebabkan berbagai masalah dan penyakit. Di sini akan diulas apa saja efek dari kekurangan kalsium, antara lain:
Tulang mudah keropos
Tulang akan mudah keropos jika endapan kalsium pada sela-sela tulang berkurang. Kalsium di sini berfungsi sebagai pelapis tulang agar tak terkena zat asam yang ada di dalam tubuh yang membuat tulang mudah keropos
Gangguan jantung
Proses peredaran darah tak luput dari peran kalsium dalam tubuh. Baca artikel mengenai cara menjaga kesehatan jantung.
Berkurangnya daya ingat otak
Hal ini dikarenakan sedikitnya kalsium yang terkandung dalam tubuh sehingga kalsium tak sepenuhnya bisa menghubungkan sel-sel syaraf yang ada di dalam tubuh kita. Dari situ kita dapat ketahui jika syaraf tak saling berhubungan maka syaraf tak akan bekerja secara maksimal untuk kemudian disalurkan ke dalam otak.

Makanan Sumber Kalsium Tinggi

Berbagai jenis makanan yang kita konsumsi pastinya mengandung kalsium. Memang tak banyak, namun sebagian dari asupan yang kita konsumsi pasti mengandung nutrisi. Kalsium salah satunya. Kalsium bisa kita peroleh melalui asupan makanan sehari-hari. Berikut berbagai jenis makanan yang banyak mengandung kalsium:
Susu
Susu merupakan asupan yang mengandung banyak kalsium yang peringkatnya tertinggi dibanding asupan makanan lainnya. Di dalam susu terdapat berbagai macam nutrisi. Kalsium misalnya. Sebagian orang lebih menyukai susu sebagai pelengkap asupan kalsium yang fungsinya sebagai zat anti keropos. Tak hanya susu yang berasal dari sapi yang memiliki kandungan kalsium tinggi. Pada susu kedelai juga terdapat kandungan kalsium yang tinggi. Susu kedelai bisa dijadikan alternatif untuk Anda yang tak menyukai susu sapi.
Yogurt
Menu yang satu ini sering dikonsumsi Anda yang sedang menjalankan program diet. Di dalam yogurt terdapat bakteri yang memproduksi kalsium cukup tinggi. Bakteri itulah yang sebenarnya memiliki kandungan kalsium tinggi. Jadi tak ada salahnya jika kita yang menjalankan program diet tapi masih tetap bisa memenuhi kebutuhan kalsium kita.
Keju
Keju merupakan olahan dari hasil fermentasi. Di dalam keju terdapat bakteri yang berfungsi sebagai penghasil kalsium. Bakteri ini biasanya membantu dalam proses pembentukan tulang gigi baru.
Sayuran Hijau
Sayuran juga dijadikan sebagai sumber kalsium. Misalnya pada sayur bayam, sawi hijau, dan brokoli. Sayuran tersebut kaya akan kandungan kalsium.
Buah-buahan segar
Untuk Anda yang tak menyukai susu, keju, dan yogurt bisa beralih ke menu yang satu ini. Buah-buahan segar bisa memenuhi kalsium yang Anda butuhkan untuk tubuh Anda. Buah pisang misalnya. Pisang banyak mengandung kalsium dan kalium yang keduanya berperan penting dalam proses pembentukan tulang.
Kacang-kacangan
Kacang-kacangan banyak mengandung protein. Kacang Almond misalnya. Di dalam kacang almond terkandung asupan protein yang cukup tinggi. Namun, selain kandungan protein, kandungan kalsiumnya juga tak kalah tinggi.
Seafood
Seafood atau makanan laut mengandung banyak protein. Tak hanya itu, ikan laut mengandung banyak zat gizi lainnya seperti vitamin K dan magnesium. Di sini magnesium dan vitamin K berfungsi tubuh dalam proses penyerapan kalsium. Ikan teri merupakan salah satu contoh makanan laut yang mengandung kalsium sangat tinggi. Jadi jangan pernah meremehkan makanan kecil tersebut.
Konsumsi makanan yang tak benar bisa merusak asupan kalsium yang sudah kita penuhi. Oleh sebab itu kita dianjurkan mengkonsumsi makan yang bersifat tak merusak jaringan kalsium. Ada beberapa pantangan yang dapat merusak jaringan kalsium di dalam tubuh kita. Berikut daftar makanan dan minuman yang dapat merusak jaringan kalsium di dalam tubuh:
  • Soft drink
  • Makanan dan minuman mengandung kafein, misalnya kopi.
  • Minuman beralkohol
Makanan sumber kalsium banyak terdapat pada makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Hanya saja, mungkin kita seringkali tidak mengetahui apa saja zat gizi yang terkandung di dalamnya.
















































































































































































































































































































































































































































No comments:

Post a Comment