J A H E

Kandungan Gizi dan Khasiat Jahe Bagi Kesehatan. Jahe adalah salah satu bumbu dapur yang banyak digunakan. Selain dijadikan bumbu dapur kandungan jahe juga sering kita jumpai pada berbagai obat seperti obat masuk angin dan obat batuk. Dibawah ini ada beberapa ulasan tentang manfaat jahe bagi kesehatan.

Jahe adalah bahan makanan maupun minuman yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.  Jahe mengandung energi sebesar 51 kilokalori, protein 1,5 gram, karbohidrat 10,1 gram, lemak 1 gram, kalsium 21 miligram, fosfor 39 miligram, dan zat besi 2 miligram.  Selain itu di dalam Jahe juga terkandung vitamin A sebanyak 30 IU, vitamin B1 0,02 miligram dan vitamin C 4 miligram.  Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 100 gram Jahe, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 97 %.


Jahe (Zingiber officinale), adalah tanaman rimpang yang sangat populer sebagai rempah-rempah dan bahan obat. Rimpangnya berbentuk jemari yang menggembung di ruas-ruas tengah. Rasa dominan pedas disebabkan senyawa keton bernama zingeron. Jahe termasuk suku Zingiberaceae (temu-temuan). Nama ilmiah jahe diberikan oleh William Roxburgh dari kata Yunani zingiberi, dari Bahasa Sanskerta, singaberi.

Berikut Ini Manfaat Jahe Bagi Kesehatan 

kandungan gizi dan manfaat jahe bagi kesehatan  

1. Menyehatkan pencernaanJahe dapat menyehatkan pencernaan karena jahe dapat membersihkan usus besar, membersihkan perut dari gas, serta meningkat produksi cairan dalam pencernaan.

2. Menghangatkan tubuh dan mengobati batukSifat antitoksin yang terdapat pada jahe dapat mencegah dan mengobati batuk hidung tersumbat, dan menghangatkan tubuh. Kandungan gingerol pada jahe dapat digunakan untuk mengurangi demam dan batuk.

3. Menyembuhkan sakit perutKandungan sifat analgesik di dalam jahe dapat mengobati sakit perut. Jika anda menderita sakit perut jahe merupakan obat alami untuk mengatasinya.

4. Membantu dalam mengobati batu empeduJahe juga dapat membantu Anda dalam mengobati penyakit batu empedu karena kandungan beberapa bahan alami di dalamnya.

5. Mencegah berbagai jenis kankerEkstra jahe dapat membantu menghambat pertumbuhan berbagai jenis sel kanker seperti mencegah pertumbuhan sel kanker payudara, sel kanker paru-paru, dan kanker usus besar.

6. Mengurangi rasa sakit dan pembengkakanJahe dapat mengurangi nyeri rematik dan sifat anti inflamasi di dalamnya dapat menjadi obat penghilang rasa sakit yang cukup kuat. 

7. Meredakan migrainMenurut penelitian jahe dapat menghentikan prostaglandin, nyeri yang menjadi faktor penyebab migrain.

8. Meredakan morning sicknessBukan hanya morning sickness, jahe juga dapat meredakan mabuk yang disebabkan oleh perjalanan darat dan dan laut.

9. Mengurangi sakit gigiKarena sifat anti jamur dan anti bakteri yang dimilikinya, jahe dapat membantu dalam mengurangi sakit gigi. Sebagian orang menggunakannya dengan memakan mentah jahe.

10. Menurunkan kadar kolesterolManfaat lain dari jahe adalah dapat menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan sirkulasi darah.

11. Perut Kembung
Ekstrak jahe sangat bermanfaat bagi mereka yang sering menderita perut kembung atau masuk angin.

12. Arthritis
Ekstrak jahe juga bermanfaat untuk orang dengan arthritis dan osteoarthritis.
Jahe diyakini mengandung komponen yang bisa menghambat COX. COX adalah salah satu bahan kimia tubuh yang bertanggung jawab terhadap timbulnya peradangan.

13. Gula Darah Tinggi & Tekanan Darah Tinggi
Jahe bermanfaat untuk merawat orang dengan gula darah tinggi dan penderita tekanan darah tinggi.
Selain jahe, kunyit dikenal pula sebagai rempah-rempah yang memiliki khasiat serupa.

14. Anti Alergi
Jahe, bersama dengan ekstrak biji anggur, dapat membantu mengurangi demam dan masalah serupa yang terjadi selama musim alergi.
Penderita alergi akan senang mendengar bahwa jahe tidak akan menimbulkan rasa kantuk dan efek samping lain yang biasa menyertai obat antihistamin (anti alergi)


15. Mencegah Penyakit Jantung
Penelitian terbaru menemukan bahwa ekstrak jahe dapat menjaga kesehatan jantung. Jahe dapat membantu mencegah aterosklerosis. Manfaat jahe serupa dengan aspirin yang bisa mengurangi pembekuan darah.

16. Mengontrol Kadar Gula Darah Untuk Penderita Diabetes
Menurut penelitian minuman jahe setiap pagi dengan rutin mampu mengontrol kadar gula darah.


Informasi Rinci Komposisi Kandungan Nutrisi/Gizi Pada Jahe :

Nama Bahan Makanan : Jahe
Nama Lain / Alternatif : - 
Banyaknya Jahe yang diteliti (Food Weight) = 100 gr 
Bagian Jahe yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 97 %
Jumlah Kandungan Energi Jahe = 51 kkal
Jumlah Kandungan Protein Jahe = 1,5 gr
Jumlah Kandungan Lemak Jahe = 1 gr
Jumlah Kandungan Karbohidrat Jahe = 10,1 gr
Jumlah Kandungan Kalsium Jahe = 21 mg
Jumlah Kandungan Fosfor Jahe = 39 mg
Jumlah Kandungan Zat Besi Jahe = 2 mg
Jumlah Kandungan Vitamin A Jahe = 30 IU
Jumlah Kandungan Vitamin B1 Jahe = 0,02 mg
Jumlah Kandungan Vitamin C Jahe = 4 mg
Khasiat / Manfaat Jahe : - (Belum Tersedia) 
Keterangan :
Riset/penelitian pada Jahe yang berbeda bisa menghasilkan perbedaan hasil yang didapat karena berbagai faktor yang mempengaruhi.  Mohon maaf apabila ada kesalahan atau kekurangan pada informasi daftar komposisi bahan makanan Jahe ini.  Semoga informasi kandungan gizi/nutrisi Jahe ini bisa bermanfaat untuk kita semua.  Terima Kasih.