Sayuran Yang Sehat Untuk Penderita Asam Lambung

Salah satu jenis penyakit yang paling sering menyerang sistem pencernaan kita adalah penyakit maag atau tingginya kadar asam dalam lambung. Meningkatnya volume asam lambung akan mengakibatkan nyeri dan perasaan mual. Hal inilah yang menjadi penyebab utama penyakit maag. Jika tidak ditangani secara serius bukan tidak mungkin jika penyakit anda akan bertambah parah. Ada banyak cara untuk mencegah penyakit ini, salah satunya adalah dengan mengenali jenis makanan yang harus dihindari ketika asam lambung tinggi.

Berikut Sayuran Yang Sehat Untuk Penderita Asam Lambung :

Kunyit
   
Kunyit ( Curcuma Longa atau C domestica ) adalah salah satu jenis rempah-rempah yang berada dalam lingkup keanekaragaman hayati di tanah air kita ini. Sangat menakjubkan, kunyit banyak sekali manfaatnya. Selain digunakan sebagai bumbu dapur untuk memperlezat cita rasa masakan, ternyata kunyit memiliki khasiat yang luar biasa dalam mengatasi permasalahan pada lambung ( asam lambung atau maag ).
Hasil penelitian menunjukan bahwa pemberian ekstrak air atau ekstrak etanol kunyit secara oral pada kelinci secara nyata menurunkan sekresi asam lambung dan meningkatkan produksi mukus pada mukosa lambung.
Brokoli
Di Jepang, para ahli mendapati fakta bahwa mengonsumsi 70 gram brokoli segar setiap hari selama dua bulan dapat melindungi tubuh manusia dari bakteri perut yang terkait penyakit maag, infeksi lambung, bahkan kanker perut. Sulforaphane dalam brokoli juga diketahui mampu meningkatkan produksi enzim fase II di hati. Enzim ini berperan menggandeng bahan-bahan karsinogen yang dihasilkan dari senyawa prokarsinogen dan mengeluarkannya dari sel. Perlu diketahui, kandungan sulforaphane dalam kecambah brokoli segar lebih tinggi daripada brokoli yang sudah direbus terlalu matang.
Kandungan sulforaphane yang ada dalam brokoli dapat memicu enzim dalam perut sehingga memberikan perlindungan terhadap senyawa radikal yang dapat merusak DNA dan menyebabkan peradangan.
Kubis
Sayuran Yang Sehat Untuk Penderita Asam LambungKhasiat kubis dapat mengatasi tukak lambung. Berdasarkan sebuah studi di Stanford University School of Medicine, jus kubis segar sangat efektif untuk mengobati tukak lambung. Ini karena kubis mengandung glutamnin yang tinggi.
Khasiat kubis dapat berfungsi sebagai anti-inflamasi, ini karena kubis adalah sumber asam amino glutamin yang baik, sehingga dapat dipercaya dalam membantu mengobati semua jenis peradangan.
Khasiat kubis dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, ini karena kandungan vitamin C dalam kubis sangat tinggi, sehingga dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan juga membantu untuk melawan radikal bebas.
wortel
  

untuk memenuhi kebutuhan kalsium dalam pembentukan tulang, anti-kanker, mengatasi tukak lambung, amandel, gangguan kerongkongan dan pernapasan, tukak lambung, mencegah konstipasi (sembelit), antioksidan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan menghaluskan kulit.
Daun wortel juga berguna untuk mengobati batu ginjal dan radang selaput lendir kandung kemih. Sedangkan rimpang atau akarnya dapat mengobati cacing kremi, memelihara kesehatan mata, pencernaan, dan sebagai obat luar untuk luka bakar. Biji wortel dapat mengobati batu ginjal, disentri dan mencret.
Menurut Noviana Yaniar (1993) dalam Pemanfaatan Tanaman Obat Untuk Kesehatan Keluarga, Dinas Kesehatan Unit Materia Medica, Malang, wortel dapat mengatasi masalah-masalah seperti hipertensi, rabun senja, mata minus, demam pada anak, cacingan, luka bakar, batuk, nyeri haid, sembelit dan menghaluskan wajah.
Mengonsumsi wortel selama tiga minggu juga menurunkan risiko serangan jantung sekitar 22 persen. Makan wortel paling sedikit lima kali setiap minggu dapat menurunkan risiko terkena stroke sebesar 68 persen. (Baca juga : Khasiat Wortel Untuk Asam Lambung)