MENGENAL DAN MENGOBATI JERAWAT

JENIS JENIS JERAWAT



Jerawat Berdasarkan Bentuknya

1. Komedo

Kalau komedo pasti sudah tidak asing lagi, sebenarnya komedo itu termasuk juga pada salah satu jenis jerawat. Komedo timbul akibat penyumbatan pori-pori pada kulit wajah namun komedo tidak seperti jerawat pada umumnya rasanyapun tidak sakit. Hal ini disebabkan komedo adalah jerawat yang meyumbat pori - pori namun tidak meradang dan tidak terinfeksi oleh bakteri. Komedo terbagi menjadi 2 jenis yaitu
  • Komedo Terbuka (White hide Comedo), memiliki ciri pori - pori yang tersumbat berwarna putih pucat.
  • Komedo Tertutup (Black Head Comedo), Memiliki ciri pori - pori yang tersumbatnya berwarna kehitam hitaman.

2. Jerawat Radang

Ketika kantung folikel yang ada pada dermis berisi lemak padat, akan mengakibatkan dermis menjadi menggembung. Setelah itu akan pecah dan sel darah putihpun menyerbu daerah folikel sabasea. Lalu terjaidlah peradangan pada kulit. Jerawat radang akan terasa sangat sakit, berwarna kemerahan, ukurannya cukup besar (Lebih besar dari komedo) dan didalamnya terdapat nanah. Jika kita mencoba memocelnya ataupun mencoba menggunakan alat yang tidak bersih, akan mengakibatkan peradangan yang lebih parah lagi. Karena kuman dari luar masuk kedalam jerawat.

3. Jerawat Konglobata

Jerawat Konglobata itu kumpulan dari jerawat (bisa berupa bisul - bisul), Nah misalkan asalnya jerawatnya 1 trus nambah lagi nambah lagi akhirnya menjadi segerombolan jerawat terus jerawatnya menjadi satu (Konglomerasi) dan terciptalah danau nanah disekitar wajah. Hal ini disebabkan kareana kita sering memencet jerawat dengan kuku atau alat lainnya yang tidak bersih. Sehingga infeksinya menjadi menyebar dan meluas. Bahkan walaupun jerawat sembuh bekasnya akan ada dan cukup parah. Contohnya seperti jaringan parut yang buruk rupa,l kulit mengaras dan bergelombang.


Jerawat yang Umum di Masyarakat

Selain dari 3 jenis Jerawat diatas ada juga jerawat yang biasa dikenal dimasyarakat seperti :

1. Jerawat Pasir

Jerawat Pasir sama halnya dengan jerawat biasa namun ukurannya kecil -kecil dan sangat banyak sehingga seperti pasir pada daerah wajah. Jerawat pasir biasanya tidak sesakit jerawat yang meradang parah. Namun membuat wajah menjadi tidak enak dilihat dan tidak mulus.


2. Jerawat Batu

Sebenarnya jerawat batu itu sama seperti jerawat radang, /hanya saja ukuranya cukup besar bahkan lebih besar dari pada jerawat pada umumnya. Jika terus dibiarkan jerawat batu setelah sembuh akan meninggalkan bekas seperti cekungan - cekungan pda wajah. Selain itu, Rasanyapun sangat menyakitkan karena terjadi peradangan yang hebat.

Macam - Macam Jerawat Lainnya

Ada juga yang mengelompokan jerawat menjadi seperti ini :

1. Jerawat Juvenil

Biasanya jerawat juvenil ini muncul pada masa puber sekitar umur 14 - 20 tahunan. Biasanya jerawat ini tumbuh akibat perubahan hormon dimasa remaja. Hormon yang tidak stabilakan mengakibatkan masalah, kaerana memproduksi sebum.

2. Jerawat Vulgaris

Kalau yang ini sih sebenarnya sama saja dengan komedo cuman namanya saja yang berbeda. Biasanya perawatan yang paling mudah untuk menghilangakn komedo dengan cara melakukan penguapan pada wajah.

3. Jerawat Rosacea

Bisanya jerawat yang satu ini timbul pada wanita yang berusia 30 -50 tahun. apabila anda terkena jerawat ini anda harus pergi kedokter kulit untuk mengobatinya. Hal ini disebabkan oleh peradangan dan akan menimbulkan lipatan hidung yang terlihat bersisik.

4. Jerawat Nitrosica

Ini adalah tahapan terakhit dari jerawat. Jika dibiarkan akan menimbulkan lubang pada wajah. Biasanya kita harus mengobatinya kedokter kulit. karena jika salah memilih produk kosmetik ataupun salah memilih cara pengobatan wajah kita bisa rusak.

Jerawat tidak hanya tumbuh didaerah wajah namun jerawat bisa tumbuh dimana saja apabila kita kurang menjaga kebersihan. Pada umumnya jerawat sering timbul didaerah
  • Wajah
  • Dada
  • Punggung
  • Kulit Kepala
Waahhh ternyata jerawat banyak sekali ya jenisnya, namanyapun berbeda - beda. Bukan hanya itu sebenarnya pada umumnya jerawat itu sama saja tapi akibat hormon dan terutama akibat kurangnya menjaga kebersihan akhirnya jerawatpun menjadi sangat parah. Jadi jangan lupa untuk membersihkan wajah anda ya.


Cara Menghilangkan Jerawat – Banyak sekali masalah yang mucul diwajah kita, salah satunya adalah wajah berjerawat. Jerawat membuat kita tidak percaya diri saat kita bergaul dengan teman – teman kita. Rasanya ingin banget menutupi wajah kita saat bergaul dengan teman – teman kita agar tidak terlihat.

Tak hanya satu masalah yang ditimbulkan dari jerawat ini, namun juga ada masalah lanjutannya. Walaupun kita sudah menyembuhkan jerawat dari wajah kita, namun masih ada juga bekas jerawat yang membandel. Jadi, walaupun kita sudah terhindar dari jerawat, namun aura dari wajah kita masih berjerawat. Lalu bagaimanakah cara menghilangkan bekas jerawat? temukan jawabannya dalam artikel sebelumnya tentang cara menghilangkan bekas jerawat.

Untuk sekarang ini sendiri sudah banyak sekali produk - produk kecantikan yang beredar  dipasaran untuk menghilangkan jerawat dari wajah anda dengan harga yang bervariasi. Namun, jangan anda lihat berapa harganya, melainkan kualitasnya. Akan tetapi, bagi saya sendiri, saya lebih suka dengan cara yang alami untuk menghilangkan jerawat dari wajah kita, mengapa? Karena cara alami ini lebih aman jika dibandingkan dengan produk – produk kecantikkan yang banyak beredar dipasaran. Produk – produk tersebut jika tidak cocok dengan wajah kita, malah akan merusak kulit wajah. Nah, berikut ini saya akan membagikancara menghilangkan jerawat dengan cepat.

Menghilangkan jerawat secara alami

Cara Mengatasi Jerawat

Tidur yang cukup
Tak banyak orang yang tahu jika salah satu penyebab jerawat adalah stress dan kurang tidur. Maka dari itu, agar wajah anda terhindar dari jerawat maka tidurlah yang cukup. Dengan tidur yang cukup, maka metabolisme didalam tubuh kita akan teratur, sehingga jerawat dan bekas jerawatnyapun akan pudar. Perlu anda ingat juga, bahwa jika anda kekurangan tidur, maka penyakit lainpun sudah mengantri untuk menghinggap ditubuh anda.

Tidak memecahkan jerawat
Banyak orang yang gatal tangannya jika mempunyai jerawat dan ingin sekali memecahkannya. Namun, itu bukanlah cara yang benar, memecahkan jerawat disaat belum waktunya pecah malah justru akan membuat jerawat anda menyebar bertambah banyak dan bekasnya sulit untuk dihilangkan. Apalagi jika anda memecahkan jerawat ini dalam kondisi tangan yang kotor, tentu akan semakin parah.

Membersihkan wajah secara teratur
Membersihkan wajah secara teratur merupakan suatu keharusan jika anda tidak ingin berjerawat. Dengan membersihkan wajah secara teratur, berarti anda sudah membunuh dan mengurangi kuman penyebab jerawat. Tak hanya terhindar dari jerawat saja, wajah andapun akan terhindar dari komedo, sehingga aura wajah anda tampak lebih segar dan cerah ceria.

Bahan Alami untuk menghilangkan jerawat diwajah


Tips menghilangkan jerawat dengan lidah buaya
Siapa yang tak kenal dengan lidah buaya, tanaman yang manfaatnya sudah tak diragukan lagi untuk kecantikan dan kesehatan. Bahkan, sekarang ini banyak industri kecantikan yang menggunakan lidah buaya ini sebagai bahan bakunya. Untuk menghilangkan jerawat yang ada diwajah anda dengan lidah buaya ini, anda hanya perlu mengelupas lidah buaya lalu mengambil gelnya. Gunakan gel tersebut sebagai masker wajah anda, diamkan selama kurang lebih 10-15 menit lalu bilas dengan air sampai bersih.

Mengatasi jerawat dengan bawang putih

Tak banyak yang menyangka memang jika bumbu dapur yang satu ini juga bermanfaat untuk menghilangkan jerawat dan bekas jerawat yang ada diwajah anda. Untuk cara pemakaiannyapun cukup simpel anda hanya perlu mengiris beberapa siung bawang putih, lalu mengoleskannya pada wajah anda. Diamkan terlebih dahulu semala kurang lebih 10-15 menit sebelum anda membilasnya. Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, lakukan tips ini secara teratur.

Mengobati jerawat dengan air jeruk nipis
Tak hanya untuk perawatan mata dan untuk melembabkan kulit saja. Buah yang satu ini juga dapat anda menfaatkan untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya yang ada diwajah anda. Potong beberapa jeruk nipis, lalu peras airnya sampai cukup banyak. Oleskan air tersebut ke bagian yang terdapat jerawat dan bekasnya pada wajah anda, lalu diamkan selama kurang lebih 15 menit dan bilas dengan menggunakan air bersih. Jangan kaget jika pada pengolesan pertama anda merasakan perih pada wajah anda, itu adalah efek dari air jeruk nipis untuk menghilangkan rasa gatal dan bekas jerawat pada wajah anda.

Menghilangkan jerawat dengan putih telur
Bagi anda yang tidak jijik dengan tips yang satu ini anda boleh mencobanya. Caranya, pecahkan beberapa telur dan pisahkan kuning dan putih telurnya. Ambil putih telurnya saja, kocok – kocok sebentar dan oleskan pada wajah anda. Sebelum dibilas, diamkan terlebih dahulu kira – kira 10-15 menit.

Mengobati jerawat dengan Mentimun
Mentimun merupakan jenis sayuran yang mengandung banyak air yang jika dikonsumsi, dapat mencegah dehidrasi. Selain itu mentimun mengandung zat seperti : Vitamin B, Vitamin C, zat besi, dll, yang juga baik untuk kesehatan kulit. Bagaimana caranya?

  • jika jerawat masih sedikitJika jerawat di wajah anda jumlahnya masih sedikit, anda hanya pelu mengiris mentimun menjadi beberapa bagian tipis. Setelah itu anda tempelkan di bagian kulit wajah yang ada jerawatnya, lalu biarkan selama 20-30 menit setelah itu bersihkan dengan air.
  • jika jerawat sudah banyak
    berbeda halnya jika jerawat di wajah anda jumlahnya sudah banyak, maka caranya pun berbeda. Pertama anda siapkan mentimun, kemudian cuci mentimun hingga benar-benar bersih, setelah itu haluskan dengan cara diparut atau di blender. Kemudian jadikan masker, biarkan selama 20-30 menit. Terakhir, anda cuci bersih masker mentimun tersebut dengan air.

Perbanyak minum air putih
Tahukah anda jika sekitar 70% dari tubuh kita adalah air? Maka dari itu, tak heran jika banyak orang yang menyarankan untuk mengkonsumsi air putih yang cukup. Air putih ini dapat melembabkan kulit wajah anda, dengan demikian bekas jerawat tidak akan menyebar kemana – mana.


Cara Menghilangkan Jerawat Pasir Secara Alami 

Sebenarnya saya sudah membahas mengenai cara mengatasi jerawat dengan obat alami. Namun kali ini saya akan membahas mengenai Jerawat Pasir. Jerawat pasir hampir sama dengan jerawat pada umumnya. Perbedaannya jerawat pasir tumbuh diwajah sukup banyak dan ukurannya kecil - kecil. Jerawat ini umumnya tumbuh didaerah sekitar pipi.

Gak kebayangkan malunya kalau punya jerawat ini. Karena jerawatnya banyak dan kecil - kecil sehingga membuat kulit terlihat kasar. Banyak orang melakukan berbagai macam cara agar bisa mengobati jerawat ini. Pasti anda bosan dengan berbagai macam jenis kosmetik namun tak kunjung ada perubahan. Coba deh Cara Alami Mengobati Jerawat Pasir dengan Scrub, kita bisa membuatnya sendiri sehingga tak akan ada campuran zat kimia yang berbahaya.

Scrub dapat membantu proses pengangkatan sel kulit mati. Scrub ternyata tidak hanya digunakan pada kulit tubuh namun scrub juga sangat bagus untuk wajah. Sehingga scrub sangat cocok untuk mengobati jerawat pasir. Karena saya sudah menulis mengenai penyebab jerawatnya. jadi sekarang langsung saja ketopik pembahasannya. ini dia tips - tips alami membuat scrub wajah.


Cara Alami mengobati jerawat pasir dan bekasnya
Jerawat Pasir

Resep Membuat Scrub Wajah Alami

1. Teh hijau

Cara mengatsi bekas jerawat pasir dengan tepung jagung
Teh Hijau Tepung Jagung

Teh hijau sangat bermanfaat dan bagus bagi kesehatan kulit, dengan membuatnya menjadi scrub teh hijau membantu mengikis dan mengganti sel - sel kulit yang mati. Selain itu juga teh hijau sangat bagus untuk membuat kulit lebih awet muda.

Bahan
- Teh Hijau bagusnya yang masih segar
- Tepung Jagung




2. Yougurt

Cara ampuh mengatasi bekas jerawat pasir dengan gandum
Yogurt dan Gandum


Yogurt dipercaya dapat melembutkan dan memutihkan kulit. selain itu juga yougurt dapat membuat kulit teteap sehat ditambah sereal gandum yang kasar akan membantu mengangkat sel - sel kulit mati dan jerawat.

Bahan
- Yogurt
- Sereal Gandum




    3. Kopi

    Cara cepat obati bekas jerawat pasir dengan lemon
    Kopi dan Lemon

    Kita tau perasan lemon dapat memutihkan wajah atau dapat menyamarkan noda hitam. Banyak sekali tutorial yang mnggunakan lemon sebagai bahan alami pemutih wajah. Dengan bantuan Kopi menjadi sebuah scrub akan mempermudah pengangkatan sel kulit mati dan jerawat jerawat kecil akan hilangn sehingga cocok sekali untuk jerawat pasir.

    Bahan
    - Kopi
    - Lemon


    4. Garam 

    Cara cepat mengobati bekas jerawat pasir dengan
    Lidah Buaya dan Garam


    Lidah buaya dapat membantu menghilangkan jerawat. lidah buaya juga memiliki banyak manfaat. Bisa melembabkan kulit membuat kulit lebih cerah. 

    Bahan
    - Garam
    - Lidah Buaya ambil lendirnya saja




    5. Gula Merah 

    Tips Ampuh mengatasu bekas jerawat pasir dengan awang Putih
    Bawang Putih Gula Aren

    Bawang putih sejak zaman dahulu dipercaya dapat membantu menghilangkan dan mengeringkan jerawat. walaupun kita tau baunya akan sangat menyegat tapi bawang putih ternyata terbukti ampuh. ditambah dengan gula merah akan membuatnya menjadi scrub yang sangat bagus dan alami untuk mengurangi dan menghilangkan jerawat pasir.

    Bahan
    - Gula Merah
    - Bawang Putih


    Cara Membuat Scrub Alami atau Tradisional

    Pilih salah satu bahan bahan dasar diatas untuk membuat scrub. Setelah itu ini dia cara membuat scrubnya :
    • Pertama haluskan dulu bahan - bahan dasar utamanya sampai lembut agar tidak terasa sakit dan perih. 
    • Cukup campurkan kedua bahan hingga membentuk menjadi sebuah pasta kental pokoknya sampai mirip kayak scrub. 
    • Setealah itu aplikasikan kewajah
    • Bulir bulir akan membantu mengangkat sel kit mati jadi gosok jerawat pasir secara perlahan - lahan dan lembut. Jangan terlalu kasar karena kalau terlalu kasar yang ada malah merusak pori - pori wajah. ingat pelan - pelan karena pasti akan sakit kalau masih ada jerawatnya
    • Diamkan sampai kering dan mengelupas sendiri
    • Kalau sudah kering cuci dan bilas menggunakan facial foam.
    Untuk yang memiliki kulit berminyak tidak dianjurkan untuk memakai scrub dari kopi atau gula aren. Lakukanlah scrub 2 minggu sekali jangan terlalu sering karena justru akan merusak kulit. untuk menunjang tips diatas anda juga bisa memakai tips disini Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya secara Alami. Karena tips itu bisa dilakukan setiap hari dan membantu membunuh jerawat.

    So gak usah bingung - bingung mahal mahal pergi kedokterkan. Banyak cara alami dan tradisional yang dapat kita lakukann untuk menghilangkan jerawat khususnya jerawat pasir ini. Sekian Tips Cara Alami Mengobati Jerawat Pasir dan Bekasnya dengan Scrub.


    Jerawat? kali ini saya akan membahas mengenai jerawat lagi. Kenapa sih jerawat terus yang dibahas? soalnya jerawat termasuk penyakit yang sering dijumpai. Tapi tenang saja kan kalau yang kemarin - kemarin saya membahas Jerawat Biasa, Jerawat Pasir dan Cara Menghilangkan bekasnya, yang sekarang saya akan menjelaskan mengenai Jerawat Batu. Ternyata jerawat juga banyak macamnya kan? Tapi mau apapun jenisnya tetep ajakan gak enak dipandang jadi harus dibasmi. Penasaran? yukk langsung saja ke pembahasan mengenai Jerawat Batu.

    JERAWAT BATU

    Cara Mengobati Jerawat batu dengan Alami
    Jerawat Batu

    Jerawat Batu atau bahasa kerennya Cystic Acne adalah Jerawat dalam ukuran yang besar, lebih besar dari pada jerawat biasa karena peradangan yang sangat hebat. Jerawat batu selain ukurannya yang besar juga sangat menyakitkan. Selain itu, bisa tumbuh dimanapun diseluruh bagian wajah. 

    Penyebab Jerawat Batu

    1. Faktor Keturunan (Gen)

    Faktor keturunan biasanya menjadi salah satu faktor utama. Hal ini disebabkan oleh adanya genetik baik itu dari ayah ataupun ibu yang memiliki kelenjar minyak yang berlebih bahkan dapat dikatakan kelenjar minyak yang over aktif. 

    2. Pertumbuhan Sel Kulit Tidak Normal

    Pada kulit yang normal biasanya sel - sel kulit mati akan cepar beregenerasi, Namun pada kulit tertenti ada sel kulit yang tidak bisa dengan cepat beregenerasi karena pertumbuhan sel - sel kulitnya tidak normal. Hal ini menyebabkan sel kulit mati menumpuk diwajah dan mengkibatkan peradangan.

    3. Kulit yang Sensitiv Terhadap Radang

    Ada orang - orang tertentu yang sangat sensitiv sekali terhadap peradangan. Sehingga kalau mereka terkena radang sedikit saja akan berakibat fatal. Contohnya saja berakibat pada jerawat ketika terjadi penyumbatan pori - pori dan meradang untuk penderita sensitiv radang pasti akan mengakibatkan tumbuhnya jerawat batu.

    4. Tidak Higienis

    Nah kalau yang ini sudah pasti bisa menimbulkan jerawat. Mungkin ia pada awalnya hanya akan menimbulkan jerawat kecil tapi kalau kita korek - korek jerawatnya atau menggunakan alat pencabut jerawat yang kita tidak tahu kebersihannya bisa saja akan mengakibatkan jerawat batu.

    Cara Mengobati Jerawat Batu

    1. Tanaman Mahkota Dewa

    Khasiat mahkota dewa untuk mengobati jerawat
    Mahkota Dewa



    Ketika jerawat batu sedang meradang hebat segeralah mencari buah mahkota dewa, beserta daun dewa dan umbinya. Hal ini bisa mengatasi radang pada jerawat batu karena daun dewa, buah mahkota dewa, dan umbi daun dewa memiliki kandungan anti radang dan anti iritan. Sehingga akan mencegah jerawat batu meradang sangat besar. Caranya Cukup Haluskan semua bahan dan tempelkan pada bagian yang berjerawat

    2. Sidaguri

    Cara Mengobati jerawat dengan sidaguri
    Sidaguri



    Setiap hari atau bisa juga dua hari sekali lakukanlah penguapan dengan menggunakan sidaguri. Caranya sangat mudah anda tinggal merebus sidaguri bersama daun mahkota dewa dengan air 2 gelas. Setelah mendidih simpan wajah anda diatas rebuasan tadi. Kita hanya akan mengambi uapnya jadi anda harus berhati - hati.

    3. Mengkudu

    Cara Mengobati jerawat batu dengan mengkudu
    Mengkudu



    Dengan Mengkonsumsi Jus Mengkudu mampu menghilangkan jerawat batu dan jerawat - jerawat lainnya. Caranyapun sangat mudah. Pertama Blender Buah mngkudu dan tambahkan gula batu secukupnya.Setelah itu saring dan didihkan. Sduklah hingga merata dan Tuangkan pada gelas. Konsumsi setiap hari pasti akan membantu menghilangkan jerawat anda. Karena mengkudu dan gula batu mampu membersihkan darah kotor.

    4. Bawang Putih

    Khasiat Bawang putih untuk jerawat batu
    Bawang Putih



    Ketika jerawat batu akan tumbuh segeralah mengambil bawang putih bisa dipoting - potong ataupun ditumbuk. dan segeralah mengoleskannya pada bagian akan tumbuh jerawat batu. Hal ini dipercaya mampu mencegah timbulnya jerawat. Jadi jerawat akan mengering sebelum meradang hebat. Lakukan selama 3 hari berturut - turut.

    5. Kentang

    Manfaat Kentang Sembuhkan jerawat batu
    Kentang



    Kentang mampu menghilangkan jerawat batu. Caranyapun sangat mudah anda tinggal parit atau blender bawang dan tempelkan pada wajah setelah itu tinggal bersihkan dengan air hangat. Lakukanlah secara rutin agar jerawat batu anda sembuh.





    Karena Jerawat batu cukup sulit untuk dihilangkan saya juga menyarankan anda pergi kedokter kulit untuk menyembuhakannya. Selain itu anda harus menlakukan penyembuhan menggunakan obat peberian dokter.

    Tips Memilih Obat Jerawat Batu

    1. Pakailah Obat yang mengandung antibiotik dan antijerawat.
    2. Pakai Lotion Anti Jerawat
    3. Pakai Bedak Anti Jerawat
    4. Mintalah pada dokter untuk menyembuhkannya dengan suntikan pada tempat yang berjerawat
    5. Melakukan Perawatan

    Lakukan Pencegahan dan Pengobatan dari Dalam

    1. Hindari Stress
    2. Jangan memakan makanan yang berlemak dan pilihlah daging yang tidak berlemak
    3. Jangan meminum alkoohol
    4. Makanlah buah dan sayur
    5. Jangan sering memakan cabe atau yang pedas
    6. Jangan terlalu sering makan yang digoreng
    7. Minum teh herbal setiap pagi

    Pencegahan dan Pengobatan dari Luar

    1. Bersihkan wajah sebelum memakai kosmetik
    2. Bersihkan wajah sebelum tidur
    3. Lakukan maskeran 1 minggu sekali menggunakan bahan alami isa memakai tomat, wortel, bengkoang jeruk nipis dll
    Kalau anda sudah melakukan semua hal diatas pasti anda akan terhindar dari berbagai macam penyebab jerawat batu dan jerawat batu andapun akan sembuh. Saya tidak pernah bisan mengingatkan anda untuk menunjang semua kegiatan diatas dengan meminum air 8 - 12 gelas sehari. Ingat air adalah obat untuk berbagai macam penyakit dan dapat membuat anda lebih cantik dan awet muda.

    Nah Segitu duluya mengenai 5 Tips Ampuh Membasmi Jerawat dengan Cara Alami. Terimakasih telah berkunjung jangan lupa untuk meninggalkan jejak dikolom komentarya.