Tentang susuan yang menjadikan mahram


عَنْ عَائِشَةَ رض اَنَّ النَّبِيَّ ص قَالَ: لاَ تُحَرِّمُ اْلمَصَّةُ وَ لاَ اْلمَصَّتَانِ. الجماعة الا البخارى

Dari ‘Aisyah RA, bahwa sesungguhnya Nabi SAW bersabda, “Sekali hisapan dan dua kali hisapan itu tidak menjadikan mahram. [HR.Jama’ah kecuali Bukhari]


عَنْ اُمِّ اْلفَضْلِ اَنَّ رَجُلاً سَأَلَ النَّبِيَّ ص اَ تُحَرِّمُ اْلمَصَّةُ؟ فَقَالَ: لاَ تُحَرِّمُ الرَّضْعَةُ وَ الرَّضْعَتَانِ، وَ اْلمَصَّةُ وَ اْلمَصَّتَانِ. احمد و مسلم


Dari Ummu Fadlilbahwa sesungguhnya ada seorang laki-laki bertanya kepada Nabi SAW, “Apakah sekali hisapan itu dapat menjadikan mahram ?”. Nabi SAW menjawab, “Tidak dapat menjadikan mahram sekali susuan dan dua kali susuansekali hisapan dan dua kali hisapan. [HR. Ahmad dan Muslim]


و فى رواية قالت: دَخَلَ اَعْرَابِيٌّ عَلَى النَّبِيِّ ص وَ هُوَ فِى بَيْتِى، فَقَالَ: يَا نَبِيَّ اللهِ، اِنِّى كَانَتْ لِى امْرَأَةٌ فَتَزَوَّجْتُ عَلَيْهَا اُخْرَى، فَزَعَمَتِ امْرَأَتِى اْلاُوْلَى اَنَّهَا اَرْضَعَتِ امْرَأَتِى اْلحُدْثَى رَضْعَةً اَوْ رَضْعَتَيْنِ. فَقَالَ النَّبِيُّ ص: لاَ تُحَرِّمُ اْلاِمْلاَجَةُ وَ لاَ اْلاِمْلاَجَتَانِ. احمد و مسلم


Dan dalam satu riwayat (dikatakan), ‘Aisyah berkata : Seorang ‘Arab gunung masuk ke tempat Nabi SAW, sedang Nabi SAW berada dirumahkuLalu ia berkata, “Ya Rasulullahsesungguhnya aku mempunyai seorang istrikemudian aku menikah lagi dengan seorang perempuan lain, tetapi istriku yang pertama itu merasa pernah menyusui istriku yang kedua ini sekali atau dua kali susuan”.Kemudian Nabi SAW bersabda, “Tidak dapat menjadikan mahram,sekali hisapan dan tidak (pula) dua kali hisapan[HR. Ahmad danMuslim].


عَنْ عَائِشَةَ رض اَنَّ رِسُوْلَ اللهِ ص اَمَرَ امْرَأَةَ اَبِى حُذَيْفَةَ فَاَرْضَعَتْ سَالِمًا خَمْسَ رَضَعَاتٍ. وَ كَانَ يَدْخُلُ عَلَيْهَا بِتِلْكَ الرَّضَاعَةِ. احمد
Dari ‘Aisyah RA, bahwasanya Rasulullah SAW pernah menyuruh istri Abu Hudzaifah (supaya menyusui Salimmaka Salim ia susui sebanyak lima kali susuanDan Salim keluar-masuk rumahnyasebab penyusuan tersebut. [HR. Ahmad].


و فى رواية اَنَّ اَبَا حُذَيْفَةَ تَبَنَّى سَالِمًا وَ هُوَ مَوْلًى ِلامْرَأَةٍ مِنَ اْلاَنْصَارِ، كَمَا تَبَنَّى النَّبِيُّ ص زَيْدًا. وَ كَانَ مَنْ تَبَنَّى رَجُلاً فِى اْلجَاهِلِيَّةِ دَعَاهُ النَّاسُ ابْنَهُ وَ وَرِثَ مِيْرَاثَهُ حَتَّى اَنْزَلَ اللهُ عَزَّ وَ جَلَّ اُدْعُوْهُمْ ِلآبَائِهِمْ هُوَ اَقْسَطُ عِنْدَ اللهِ فَاِنْ لَمْ تَعْلَمُوْا آبَاءَهُمْ فَاِخْوَانُكُمْ فِى الدّيْنِ وَ مَوَالِيْكُمْ. فَرُدُّوْا اِلَى آبَائِهِمْ. فَمَنْ لَمْ يُعْلَمْ لَهُ اَبٌ. فَمَوْلىً وَ اَخٌ فِى الدِّيْنِ. فَجَاءَتْ سَهْلَةُ فَقَالَتْ: يَا رَسُوْلَ اللهِ، كُنَّا نَرَى سَالِمًا وَلَدًا يَأْوِى مَعِى وَ مَعَ اَبِى حُذَيْفَةَ  وَ يَرَانِى فُضْلَى وَ قَدْ اَنْزَلَ اللهُ عَزَّ وَ جَلَّ فِيْهِمْ مَا قَدْ عَلِمْتَ، فَقَالَ: اَرْضِعِيْهِ خَمْسَ رَضَعَاتٍ. فَكَانَ بِمَنْزِلَةِ وَلَدِهِ مِنَ الرَّضَاعَةِ. ملك فى الموطأ و احمد


Dan dalam satu riwayat lain (dikatakan) : Sesungguhnya AbuHudzaifah mengangkat Salim (sebagai anak angkatnya), sedangSalim adalah bekas hamba seorang perempuan Anshar,sebagaimana Nabi SAW mengangkat ZaidDi jaman jahiliyah oranglaki-laki yang dijadikan anak angkatmaka orang-orang menganggap dan memanggilnya sebagai anaknya dan dia mewarisi hartanyasehingga Allah ‘Azza wa Jalla menurunkan (ayat)[Panggillah mereka (anak-anak angkat itudengan (memakainama bapak-bapak mereka. Itulah yang lebih adil pada sisi Allah, dan jika kamu tidak mengetahui bapak-bapak merekamaka (panggillah mereka sebagaisaudara-saudaramu seagama dan maula-maulamu. (QS. Al-Ahzaab : 5)]. Kemudian mereka dikembalikankepada ayah-ayah merekamaka bagi yang tidak diketahui siapa ayahnya (dianggap sebagaimaula dan saudara seagama.Kemudian datanglah Sahlahlalu ia bertanya, “Ya Rasulullahkami memandang Salim sebagai anak yang ikut hidup bersamaku dan bersama Abu Hudzaifahia masuk (rumah kamidan melihatku tidak berkudung (di rumah), padahal Allah telah menurunkan (ayat)kepada mereka sebagaimana telah engkau ketahui, yang demikian itu bagaimana ?”. Kemudian Nabi SAW bersabda, “Susuilah ia lima kali susuanDengan begitumaka (menjadilah Salimberstatussebagai anak susuan”. [HR. Malik dalam Al-Muwaththa’ dan Ahmad].
Keterangan :
Dari hadits-hadits diatas bisa diambil kesimpulan bahwa menyusu yang bisa menjadikan sebagai anak susu itu paling sedikit adalahlima kali susuan.


No comments:

Post a Comment