Tidak ada ketentuan besar kecilnya mahar

عَنْ عَامِرِ بْنِ رَبِيْعَةَ اَنَّ امْرَأَةً مِنْ بَنِى فَزَارَةَ تَزَوَّجَتْ عَلَى نَعْلَيْنِ فَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: اَ رَضِيْتِ مِنْ نَفْسِكِ وَ مَالِكِ بِنَعْلَيْنِ؟ قَالَتْ: نَعَمْ. فَاَجَازَهُ. احمد و ابن ماجه و الترمذى و صححه

Dari ‘Amir bin Rabi’ahbahwa sesungguhnya pernah ada seorangwanita dari Bani Fazarah yang dinikah dengan (maharsepasangsandal, lalu Rasulullah SAW  bertanya, “Ridlakah kamu atas dirimu dan hartamu dengan (maharsepasang sandal ?”. Ia menjawab, “Ya”. Maka Rasulullah SAW memperkenankannya. [HR. Ahmad,Ibnu Majah dan Tirmidzidan Tirmidzi mengesahkannya]

عَنْ جَابِرٍ رض اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص قَالَ: لَوْ اَنَّ رَجُلاً اَعْطَى امْرَأَةً صَدَقًا مِلْءَ يَدَيْهِ طَعَامًا كَانَتْ لَهُ حَلاَلاً. احمد و ابو داود بمعناه

Dari Jabir RA, bahwa sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda, “Kalau seorang laki-laki memberikan mahar berupa makanansepenuh dua tapak tangannyamaka halallah wanita itu baginya. [HR. Ahmad dan Abu Dawud meriwayatkan yang semakna denganitu]

عَنْ اَنَسٍ رض اَنَّ النَّبِيَّ ص رَأَى عَلَى عَبْدِ الرَّحْمنِ بْنِ عَوْفٍ اَثَرَ صُفْرَةٍ. فَقَالَ: مَا هذَا؟ قَالَ: تَزَوَّجْتُ امْرَأَةً عَلَى وَزْنِ نَوَاةٍ مِنْ ذَهَبٍ. قَالَ: بَارَكَ اللهُ لَكَ، اَوْلِمْ وَلَوْ بِشَاةٍ. الجماعة الا ابا داود

Dari Anas RA, bahwa sesungguhnya Nabi SAW pernah melihatbekas kuning-kuning pada Abdurrahman bin Auf, lalu beliau bertanya, “Apa ini ?”. Abdurrahman menjawab, “Aku baru saja menikahi seorang wanita dengan (maharemas seberat biji kurma”.Nabi SAW bersabda, “Semoga Allah memberkatimu,selenggarakanlah walimah walau hanya dengan (memotongseekor kambing. [HR. Jamaah kecuali Abu Dawud]

عَنْ عَائِشَةَ رض اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص قَالَ: اِنَّ اَعْظَمَ النِّكَاحِ بَرَكَةً اَيْسَرُهُ مَئُوْنَةً. احمد

Dari ‘Aisyah RA, bahwa sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda, “Nikah yang paling besar berkahnya yaitu yang paling ringanmaharnya. [HR. Ahmad]

عَنْ اَبِى سَلَمَةَ قَالَ: سَاَلْتُ عَائِشَةَ: كَمْ كَانَ صَدَاقُ رَسُوْلِ اللهِ ص؟ قَالَتْ: كَانَ صَدَاقُهُ ِلاَزْوَاجِهِ اثْنَتَيْ عَشْرَةَ اُوْقِيَّةً وَ نَشًّا. قَالَتْ: اَتَدْرِى مَا النَّشُّ؟ قُلْتُ: لاَ. قَالَتْ: نِصْفُ اُوْقِيَّةٍ.فَتِلْكَ خَمْسُمِائَةِ دِرْهَمٍ. الجماعة الا البخارى و الترمذى

Dari Abu Salamahia berkata : Aku pernah bertanya kepada Aisyah, “Berapakah mahar Rasulullah SAW”. Ia menjawab, “Mahar beliau kepada isteri-isterinya adalah dua belas uqiyah lebih satu nasy”.Aisyah bertanya, “Tahukah kamu apakah nasy itu ?”. Aku menjawab, “Tidak”. Aisyah berkata, “Setengah uqiyahjadi seluruhnya sama dengan lima ratus dirham”. [HR. Jamaah kecualiBukhari dan Tirmidzi]
NB : 1 uqiyah  sama dengan 40 dirham.

عَنْ اَبِى اْلعَجْفَاءِ قَالَ: سَمِعْتُ عُمَرَ يَقُوْلُ: لاَ تَغْلُوْا صُدُقَ النِّسَاءِ وَ اِنَّهَا لَوْ كَانَت مَكْرُوْمَةً فِى الدُّنْيَا اَوْ تَقْوَى فِى اْلآخِرَةِ، كَانَ اَوْلاَكُمْ بِهَا النَّبِيُّ ص. مَا اَصْدَقَ رَسُوْلُ اللهِ ص امْرَأَةً مِنْ نِسَائِهِ وَ لاَ اُصْدِقَتِ امْرَأَةٌ مِنْ بَنَاتِهِ اَكْثَرَ مِنْ ثِنْتَيْ عَشْرَةَ اُوْقِيَّةً. الخمسة و صححه الترمذى

Dari Abu ‘Ajfaa’, dia berkata : Aku pernah mendengar Umar berkata, “Janganlah kamu berlebih-lebihan dalam memberi mahar kepada wanitameskipun dia seorang yang dimuliakan di dunia atau seorang yang terpelihara di akhiratAdapun yang paling utama (dalam menghormati wanitadiantara kamu adalah Nabi SAW. Padahal tidaklah Rasulullah SAW memberi mahar kepada seorang pun dariistri-istrinya dan tidak pula putri-putri beliau itu diberi mahar lebih dari dua belas uqiyah. [HR. Khamsah dan disahkan oleh Tirmidzi]

عَنْ عُرْوَةَ عَنْ اُمِّ حَبِيْبَةَ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص تَزَوَّجَهَا وَ هِيَ بِاَرْضِ اْلحَبَشَةِ زَوَّجَهَا النَّجَاشِيُّ وَ اَمْهَرَهَا اَرْبَعَةَ آلاَفٍ وَ جَهَّزَهَا مِنْ عِنْدِهِ وَ بَعَثَ بِيْهَا مَعَ شُرَحْبِيْلَ بْنِ حَسْنَةَ وَ لَمْ يَبْعَثْ اِلَيْهَا رَسُوْلُ اللهِ ص بِشَيْءٍ وَ كَانَ مَهْرُ نِسَائِهِ اَرْبَعَمِائَةِ دِرْهَمٍ. احمد و النسائى

Dari ‘Urwah dari Ummu Habibahsesungguhnya Rasulullah SAWtelah menikahinya sedang ia berada di Habasyah yang dinikahkanoleh Najasyi (raja Habasyahdan beliau memberi mahar empat ribu(dirham) yang beliau persiapkan sendiriBeliau mengirimnya lewat Syurahbil bin Hasnah. Dan Rasulullah SAW tidak mengirim sesuatu kepadanya (selain mahar itu), sedang mahar untuk istri-istrinya(yang lain) adalah empat ratus dirham”. [HR. Ahmad dan Nasai]

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رض قَالَ: لَمَّا تَزَوَّجَ عَلِيٌّ فَاطِمَةَ قَالَ لَهُ رَسُوْلُ اللهِ ص: اَعْطِهَا شَيْئًا. قَالَ: مَا عِنْدِى شَيْءٌ. قَالَ: اَيْنَ دِرْعُكَ اْلحُطَمِيَّةُ؟ ابو داود و النسائى

Dari Ibnu Abbasia berkata : Tatkala Ali kawin dengan Fathimah,maka Rasulullah SAW bersabda kepada Ali, “Berilah ia sesuatu !”. Ali menjawab, “Saya tidak punya apa-apa”. Rasulullah SAWbertanya, “Mana baju besimu dari Huthamiyah itu ?. [HR. AbuDawud dan Nasai]

و فى رواية اَنَّ عَلِيًّا رض لَمَّا تَزَوَّجَ فَاطِمَةَ اَرَادَ اَنْ يَدْخُلَ بِهَا فَمَنَعَهُ رَسُوْلُ اللهِ ص حَتَّى يُعْطِيَهَا شَيْئًا. فَقَالَ: يَا رَسُوْلَ اللهِ، لَيْسَ لِيْ شَيْءٌ. فَقَالَ لَهُ: اَعْطِهَا دِرْعَكَ اْلحُطَمِيَّةَ، فَاَعْطَاهَا دِرْعَهُ، ثُمَّ دَخَلَ بِهَا. ابو داود

Dan dalam riwayat lain (dikatakan) : Bahwa sesungguhnya Ali RA setelah menikahi Fathimahketika ia ingin serumah dengannya lalu Rasulullah SAW mencegahnya sehingga ‘Ali memberinya sesuatu.Lalu Ali berkata, “Ya Rasulullahaku tidak mempunyai apa-apa”.Kemudian Rasulullah SAW bersabda kepadanya, “Berikan bajubesimu dari Huthamiyah itu kepadanya !”. Maka Ali memberikan baju besi itu kepada Fathimahlalu ia serumah dengan Fathimah. [HR. Abu Dawud]

عَنْ سَهْلِ بْنِ سَعْدٍ اَنَّ النَّبِيَّ ص جَائَتْهُ امْرَأَةٌ وَ قَالَتْ: يَا رَسُوْلَ اللهِ، اِنِّى قَدْ وَهَبْتُ نَفْسِى لَكَ، فَقَامَتْ قِيَامًا طَوِيْلاً. فَقَالَ رَجُلٌ فَقَالَ: يَا رَسُوْلَ اللهِ، زَوِّجْنِيْهَا اِنْ لَمْ يَكُنْ لَكَ فِيْهَا حَاجَةٌ. فَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: هَلْ عِنْدَكَ مِنْ شَيْءٍ تُصْدِقُهَا اِيَّاهُ؟ فَقَالَ: مَا عِنْدِيْ اِلاَّ اِزَارِيْ هذَا. فَقَالَ النَّبِيُّ ص. اِنْ اَعْطَيْتَهَا اِزَارَكَ جَلَسْتَ لاَ اِزَارَ لَكَ، فَالْتَمِسْ شَيْئًا. فَقَالَ: مَا اَجِدُ شَيْئًا. فَقَالَ: اِلْتَمِسْ وَلَوْ خَاتَمًا مِنْ حَدِيْدٍ. فَالْتَمَسَ فَلَمْ يَجِدْ شَيْئًا. فَقَالَ لَهُ النَّبِيُّ ص: هَلْ مَعَكَ مِنَ اْلقُرْآنِ شَيْئٌ؟ قَالَ: نَعَمْ. سُوْرَةُ كَذَا وَ سُوْرَةُ كَذَا لِسُوَرٍ يُسَمِّيْهَا. فَقَالَ لَهُ النَّبِيُّ ص: قَدْ زَوَّجْتُكَهَا بِمَا مَعَكَ مِنَ اْلقُرْآنِ. احمد و البخارى و مسلم

Dari Sahl bin Sa’ad bahwa sesungguhnya Nabi SAW pernah di datangi seorang wanita lalu berkata, “Ya Rasulullahsesungguhnya aku menyerahkan diriku untukmu”. Lalu wanita itu berdiri lama.Kemudian berdirilah seorang laki-laki dan berkata, “Ya Rasulullah,kawinkanlah saya dengannya jika engkau sendiri tidak berminat kepadanya”. Kemudian Rasulullah SAW bertanya, “Apakah kamu mempunyai sesuatu yang dapat kamu pergunakan sebagai mahar untuknya ?”. Ia menjawab, “Saya tidak memiliki apapun melainkan pakaian ini”. Lalu Nabi bersabda, “Jika pakaianmu itu kamu berikankepadanya maka kamu tidak berpakaian lagiMaka carilah sesuatu yang lain”. Kemudian laki-laki itu berkata, “Saya tidak mendapatkansesuatu yang lain”. Lalu Nabi  SAW bersabda, “Carilahmeskipun cincin dari besi”. Lalu laki-laki itu mencaritetapi ia tidakmendapatkannyaKemudian Nabi SAW bertanya kepadanya, “Apakah kamu memiliki hafalan ayat Al-Qur’an ?”. Ia menjawab, “Ya.Surat ini dan surat ini”. Ia menyebutkan nama-nama surat tersebut,kemudian Nabi SAW bersabda kepadanya, “Sungguh aku telahmenikahkan kamu dengannya dengan apa yang kamu miliki dari Al-Qur’an itu. [HR. Ahmad, Bukhari dan Muslim]

و فى رواية لمسلم: قَالَ: اِنْطَلِقْ، لَقَدْ زَوَّجْتُكَهَا فَعَلِّمْهَا مِنَ اْلقُرْآنِ.

Dan dalam riwayat lain oleh Muslim : Nabi SAW bersabda, “Pergilah,sungguh aku telah menikahkan kamu dengannyamaka ajarilah dia dengan Al-Qur’an”.
Keterangan :
A.  Dari ayat maupun hadits tersebut diatas menunjukkan bahwamemberikan maskawin kepada wanita yang dinikahi itumerupakan kewajibanAdapun besarnya maskawin tidak adaketentuan yang pasti. Dan maskawin bisa diberikan secara tunaimaupun dengan ditangguhkan.
B. Dan dari ayat maupun hadits yang telah lalu (brosur yang lalu),bisa diambil pengertian bahwa syarat pernikahan adalah sebagaiberikut :
1.  Ada calon pengantin laki-laki dan wanita.
2.  Ada maskawin/mahar.
3.  Harus ada wali (Bagi yang berpendapat wali itu wajib).
4.  Ada saksi yang adil (dua orang laki-lakiatau satu orang laki-laki dan dua wanita).
5.  Ada ijab qabul.


No comments:

Post a Comment