Wanita yang sementara haram dinikahi

Maksudnya ialah wanita yang ada sebab-sebab tertentu yang manaselama sebab-sebab itu masih adawanita tersebut tidak bolehdinikahi. Tetapi bilamana sebab-sebab itu telah hilangmaka bolehdinikahinya.
Mereka itu adalah sebagai berikut :
1.  Memadukan seorang wanita dengan saudaranya atau denganbibinya.


وَ اَنْ تَجْمَعُوْا بَيْنَ اْلاُخْتَيْنِ، اِلاَّ مَا قَدْ سَلَفَ. اِنَّ اللهَ كَانَ غَفُوْرًا رَّحِيْمًا. النساء:23


Dan (diharamkanmenghimpunkan dalam perkawinan dua wanitayang bersaudarakecuali yang telah terjadi pada masa lampau.Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. [QS. An-Nisaa’ : 23]


عَنْ فَيْرُوْزَ الدَّيْلَمِيِّ اَنَّهُ اَدْرَكَهُ اْلاِسْلاَمَ وَ تَحْتَهُ اُخْتَانِ، فَقَالَ لَهُ رَسُوْلُ اللهِ ص: طَلِّقْ اَيَّتَهُمَا شِئْتَ. احمد و ابو داود و ابن ماجه و الترمذى


Dari Fairuz Ad-Dailamiybahwa ia masuk Islam dengan keduaistrinya yang bersaudaraMaka Rasulullah SAW bersabdakepadanya, “Thalaqlah salah seorang dari keduanya yang kamukehendaki. [HR. Ahmad, Abu DawudIbnu Majah dan Tirmidzi]


عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: لاَ يُجْمَعُ بَيْنَ اْلمَرْأَةِ وَ عَمَّتِهَا، وَ لاَ بَيْنَ اْلمَرْأَةِ وَ خَالَتِهَا. البخارى و مسلم و اللفظ له

Dari Abu Hurairah ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, “Tidakboleh dimadu seorang wanita dengan saudara perempuan ayahwanita itu dan seorang wanita dengan saudara perempuan ibu wanitaitu. [HR. Bukhari dan Muslim, dan lafadh ini bagi Muslim]

2. Wanita yang bersuami.
Firman Allah SWT :

وَ اْلمُحْصَنَاتُ مِنَ النّسَآءِ اِلاَّ مَا مَلَكَتْ اَيْمَانُكُمْ كِتَابَ اللهِ عَلَيْكُمْ. النساء:24


dan (diharamkan juga kamu mengawiniwanita yang bersuami,kecuali budak-budak yang kamu miliki (Allah telah menetapkanhukum itusebagai ketetapan-Nya atas kamu. [QS. An-Nisaa’ : 24]

3. Wanita yang masih di dalam iddah
Adapun tentang iddah wanita adalah sebagai berikut :
a. Wanita yang haidliddahnya 3 kali quru’ (tiga kali suci/tiga kalihaidl).


وَ اْلمُطَلَّقَاتُ يَتَرَبَّصْنَ بِاَنْفُسِهِنَّ ثَلاَثَةَ قُرُوْءٍ، وَ لاَ يَحِلُّ لَهُنَّ اَنْ يَّكْتُمْنَ مَا خَلَقَ اللهُ فِيْ اَرْحَامِهِنَّ اِنْ كُنَّ يُؤْمِنَّ بِاللهِ وَ اْليَوْمِ اْلاخِرِ وَ بُعُوْلَتُهُنَّ اَحَقُّ بِرَدّهِنَّ فِيْ ذلِكَ اِنْ اَرَادُوْا اِصْلاَحًا. البقرة:228


Wanita-wanita yang dithalaq hendaklah menahan diri (menunggu)tiga kali quru’. Tidak boleh mereka menyembunyikan apa yangdiciptakan Allah dalam rahimnyajika mereka beriman kepada Allahdan hari akhiratDan suami-suaminya berhak merujukinya dalammasa menanti itujika mereka (para suamiitu menghendaki ishlah.[QS. Al-Baqarah : 228]
b. Wanita yang ditinggal mati suaminyaiddahnya 4 bulan 10 hari.


وَ الَّذِيْنَ يُتَوَفَّوْنَ مِنْكُمْ وَ يَذَرُوْنَ اَزْوَاجًا يَّتَرَبَّصْنَ بِاَنْفُسِهِنَّ اَرْبَعَةَ اَشْهُرٍ وَ عَشْرًا. البقرة:234


Orang-orang yang meninggal dunia diantaramu denganmeninggalkan istri-istri (hendaklah para istri itumenangguhkandirinya (beriddahempat bulan sepuluh hari. [QS. Al-Baqarah : 234]
c.  Wanita yang telah berhenti dari haidl atau tidak haidliddahnya 3bulan.


وَ الّئِ يَئِسْنَ مِنَ اْلمَحِيْضِ مِنْ نّسَآئِكُمْ اِنِ ارْتَبْتُمْ فَعِدَّتُهُنَّ ثَلاَثَةُ اَشْهُرٍ وَّ الّئِ لَمْ يَحِضْنَ. الطلاق:4


Dan perempuan-perempuan yang tidak haidl lagi (menopause)diantara perempuan-perempuanmu jika kamu ragu-ragu (tentangmasa iddahnyamaka iddah mereka adalah tiga bulan. Dan begitu(pula) perempuan-perempuan yang tidak haidl. [QS. Ath-Thalaaq : 4]
d. Wanita yang hamiliddahnya hingga melahirkan kandungannya.


وَ اُولاَتُ اْلاَحْمَالِ اَجَلُهُنَّ اَنْ يَّضَعْنَ حَمْلَهُنَّ، وَ مَنْ يَّتَّقِ اللهَ يَجْعَلْ لَّه مِنْ اَمْرِه يُسْرًا. الطلاق:4


Dan perempuan-perempuan yang hamilwaktu iddah mereka ituialah sampai mereka melahirkan kandungannya. Dan barangsiapayang bertakwa kepada Allah niscaya Allah menjadikan baginyakemudahan dalam urusannya. [QS. Ath-Thalaaq : 4]

4. Wanita yang sudah dithalaq tiga kali.


الطَّلاَقُ مَرَّتَانِ فَاِمْسَاكٌ بِمَعْرُوْفٍ اَوْ تَسْرِيْحٌ بِاِحْسَانٍ. البقرة:229


Thalaq yang dapat (dirujukiitu dua kali. Setelah itu boleh rujuk lagisecara ma’ruf atau menceraikan secara baik. [QS. Al-Baqarah : 229]


فَاِنْ طَلَّقَهَا فَلاَ تَحِلُّ لَهُ مِنْ بَعْدُ حَتّى تَنْكِحَ زَوْجًا غَيْرَه، فَاِنْ طَلَّقَهَا فَلاَ جُنَاحَ عَلَيْهِمَا اَنْ يَّتَرَاجَعَا اِنْ ظَنَّا اَنْ يُقِيْمَا حُدُوْدَ اللهِ وَ تِلْكَ حُدُوْدُ اللهِ يُبَيّنُهَا لِقَوْمٍ يَّعْلَمُوْنَ. البقرة:230


Kemudian jika si suami menthalaqnya (sesudah thalaq yang kedua),maka perempuan itu tidak halal lagi baginya hingga dia kawin dengansuami yang lain. Kemudian jika suami yang lain itu menceraikannya,maka tidak ada dosa bagi keduanya (bekas suami pertama dan istri)untuk kawin kembali jika keduanya berpendapat akan dapatmenjalankan hukum-hukum Allah. Itulah hukum-hukum Allah,diterangkan-Nya kepada kaum yang (maumengetahui. [QS. Al-Baqarah : 230]

5. Wanita musyrik sehingga beriman


وَ لاَ تَنْكِحُوا اْلمُشْرِكَاتِ حَتّى يُؤْمِنَّ وَ َلاَمَةٌ مُّؤْمِنَةٌ خَيْرٌ مّنْ مُّشْرِكَةٍ وَّ لَوْ اَعْجَبَتْكُمْ. البقرة:221


Dan janganlah kamu nikahi wanita-wanita musyrik sebelum merekaberiman. Sesungguhnya wanita budak yang mu'min lebih baik dariwanita musyrikwalaupun dia menarik hatimu. [QS. Al-Baqarah :221]
Demikianlah tentang wanita-wanita yang tidak boleh dinikahi.Disamping itu perlu diingat bahwa wanita muslimah tidak bolehmenikah dengan lelaki musyrik atau kafir. [Lihat QS. Al-Mumtahanah: 10 dan QS.  Al-Baqarah : 221]



No comments:

Post a Comment