Maksudnya ialah wanita yang ada sebab-sebab tertentu yang manaselama sebab-sebab itu masih ada, wanita tersebut tidak bolehdinikahi. Tetapi bilamana sebab-sebab itu telah hilang, maka bolehdinikahinya.
Mereka itu adalah sebagai berikut :
1. Memadukan seorang wanita dengan saudaranya atau denganbibinya.
وَ اَنْ تَجْمَعُوْا بَيْنَ اْلاُخْتَيْنِ، اِلاَّ مَا قَدْ سَلَفَ. اِنَّ اللهَ كَانَ غَفُوْرًا رَّحِيْمًا. النساء:23
Dan (diharamkan) menghimpunkan dalam perkawinan dua wanitayang bersaudara, kecuali yang telah terjadi pada masa lampau.Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. [QS. An-Nisaa’ : 23]
عَنْ فَيْرُوْزَ الدَّيْلَمِيِّ اَنَّهُ اَدْرَكَهُ اْلاِسْلاَمَ وَ تَحْتَهُ اُخْتَانِ، فَقَالَ لَهُ رَسُوْلُ اللهِ ص: طَلِّقْ اَيَّتَهُمَا شِئْتَ. احمد و ابو داود و ابن ماجه و الترمذى
Dari Fairuz Ad-Dailamiy, bahwa ia masuk Islam dengan keduaistrinya yang bersaudara. Maka Rasulullah SAW bersabdakepadanya, “Thalaqlah salah seorang dari keduanya yang kamukehendaki”. [HR. Ahmad, Abu Dawud, Ibnu Majah dan Tirmidzi]
عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: لاَ يُجْمَعُ بَيْنَ اْلمَرْأَةِ وَ عَمَّتِهَا، وَ لاَ بَيْنَ اْلمَرْأَةِ وَ خَالَتِهَا. البخارى و مسلم و اللفظ له
Dari Abu Hurairah ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, “Tidakboleh dimadu seorang wanita dengan saudara perempuan ayahwanita itu dan seorang wanita dengan saudara perempuan ibu wanitaitu”. [HR. Bukhari dan Muslim, dan lafadh ini bagi Muslim]
2. Wanita yang bersuami.
Firman Allah SWT :
وَ اْلمُحْصَنَاتُ مِنَ النّسَآءِ اِلاَّ مَا مَلَكَتْ اَيْمَانُكُمْ كِتَابَ اللهِ عَلَيْكُمْ. النساء:24
dan (diharamkan juga kamu mengawini) wanita yang bersuami,kecuali budak-budak yang kamu miliki (Allah telah menetapkanhukum itu) sebagai ketetapan-Nya atas kamu. [QS. An-Nisaa’ : 24]
3. Wanita yang masih di dalam iddah
Adapun tentang iddah wanita adalah sebagai berikut :
a. Wanita yang haidl, iddahnya 3 kali quru’ (tiga kali suci/tiga kalihaidl).
وَ اْلمُطَلَّقَاتُ يَتَرَبَّصْنَ بِاَنْفُسِهِنَّ ثَلاَثَةَ قُرُوْءٍ، وَ لاَ يَحِلُّ لَهُنَّ اَنْ يَّكْتُمْنَ مَا خَلَقَ اللهُ فِيْ اَرْحَامِهِنَّ اِنْ كُنَّ يُؤْمِنَّ بِاللهِ وَ اْليَوْمِ اْلاخِرِ وَ بُعُوْلَتُهُنَّ اَحَقُّ بِرَدّهِنَّ فِيْ ذلِكَ اِنْ اَرَادُوْا اِصْلاَحًا. البقرة:228
Wanita-wanita yang dithalaq hendaklah menahan diri (menunggu)tiga kali quru’. Tidak boleh mereka menyembunyikan apa yangdiciptakan Allah dalam rahimnya, jika mereka beriman kepada Allahdan hari akhirat. Dan suami-suaminya berhak merujukinya dalammasa menanti itu, jika mereka (para suami) itu menghendaki ishlah.[QS. Al-Baqarah : 228]
b. Wanita yang ditinggal mati suaminya, iddahnya 4 bulan 10 hari.
وَ الَّذِيْنَ يُتَوَفَّوْنَ مِنْكُمْ وَ يَذَرُوْنَ اَزْوَاجًا يَّتَرَبَّصْنَ بِاَنْفُسِهِنَّ اَرْبَعَةَ اَشْهُرٍ وَ عَشْرًا. البقرة:234
Orang-orang yang meninggal dunia diantaramu denganmeninggalkan istri-istri (hendaklah para istri itu) menangguhkandirinya (beriddah) empat bulan sepuluh hari. [QS. Al-Baqarah : 234]
c. Wanita yang telah berhenti dari haidl atau tidak haidl, iddahnya 3bulan.
وَ الّئِ يَئِسْنَ مِنَ اْلمَحِيْضِ مِنْ نّسَآئِكُمْ اِنِ ارْتَبْتُمْ فَعِدَّتُهُنَّ ثَلاَثَةُ اَشْهُرٍ وَّ الّئِ لَمْ يَحِضْنَ. الطلاق:4
Dan perempuan-perempuan yang tidak haidl lagi (menopause)diantara perempuan-perempuanmu jika kamu ragu-ragu (tentangmasa iddahnya) maka iddah mereka adalah tiga bulan. Dan begitu(pula) perempuan-perempuan yang tidak haidl. [QS. Ath-Thalaaq : 4]
d. Wanita yang hamil, iddahnya hingga melahirkan kandungannya.
وَ اُولاَتُ اْلاَحْمَالِ اَجَلُهُنَّ اَنْ يَّضَعْنَ حَمْلَهُنَّ، وَ مَنْ يَّتَّقِ اللهَ يَجْعَلْ لَّه مِنْ اَمْرِه يُسْرًا. الطلاق:4
Dan perempuan-perempuan yang hamil, waktu iddah mereka ituialah sampai mereka melahirkan kandungannya. Dan barangsiapayang bertakwa kepada Allah niscaya Allah menjadikan baginyakemudahan dalam urusannya. [QS. Ath-Thalaaq : 4]
4. Wanita yang sudah dithalaq tiga kali.
الطَّلاَقُ مَرَّتَانِ فَاِمْسَاكٌ بِمَعْرُوْفٍ اَوْ تَسْرِيْحٌ بِاِحْسَانٍ. البقرة:229
Thalaq yang dapat (dirujuki) itu dua kali. Setelah itu boleh rujuk lagisecara ma’ruf atau menceraikan secara baik. [QS. Al-Baqarah : 229]
فَاِنْ طَلَّقَهَا فَلاَ تَحِلُّ لَهُ مِنْ بَعْدُ حَتّى تَنْكِحَ زَوْجًا غَيْرَه، فَاِنْ طَلَّقَهَا فَلاَ جُنَاحَ عَلَيْهِمَا اَنْ يَّتَرَاجَعَا اِنْ ظَنَّا اَنْ يُقِيْمَا حُدُوْدَ اللهِ وَ تِلْكَ حُدُوْدُ اللهِ يُبَيّنُهَا لِقَوْمٍ يَّعْلَمُوْنَ. البقرة:230
Kemudian jika si suami menthalaqnya (sesudah thalaq yang kedua),maka perempuan itu tidak halal lagi baginya hingga dia kawin dengansuami yang lain. Kemudian jika suami yang lain itu menceraikannya,maka tidak ada dosa bagi keduanya (bekas suami pertama dan istri)untuk kawin kembali jika keduanya berpendapat akan dapatmenjalankan hukum-hukum Allah. Itulah hukum-hukum Allah,diterangkan-Nya kepada kaum yang (mau) mengetahui. [QS. Al-Baqarah : 230]
5. Wanita musyrik sehingga beriman
وَ لاَ تَنْكِحُوا اْلمُشْرِكَاتِ حَتّى يُؤْمِنَّ وَ َلاَمَةٌ مُّؤْمِنَةٌ خَيْرٌ مّنْ مُّشْرِكَةٍ وَّ لَوْ اَعْجَبَتْكُمْ. البقرة:221
Dan janganlah kamu nikahi wanita-wanita musyrik sebelum merekaberiman. Sesungguhnya wanita budak yang mu'min lebih baik dariwanita musyrik, walaupun dia menarik hatimu. [QS. Al-Baqarah :221]
Demikianlah tentang wanita-wanita yang tidak boleh dinikahi.Disamping itu perlu diingat bahwa wanita muslimah tidak bolehmenikah dengan lelaki musyrik atau kafir. [Lihat QS. Al-Mumtahanah: 10 dan QS. Al-Baqarah : 221]
No comments:
Post a Comment